Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengalami pengetahuan secara langsung sebagai proses penguatan karakter dan juga menjadi kesempatan untuk belajar dari lingkungan di sekitarnya. Selain itu juga memberikan kesempatan untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Dalam kegiatan ini peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, antiradikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemonstrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menhawab isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Berikut terdapat beberapa prinsip dalam rancangan rapor projek, dimana rapor informatif dalam menyampaikan perkembangan anak namun tidak merepotkan pendidik dalam proses pengerjaannya, yaitu : Menunjukan Keterpaduan Rapor terdiri dari hasil penilaian terhadap performa peserta didik dalam mengerjakan projek, meskipun terdapat beberapa disiplin ilmu terintegrasi dalam projek. Akan tetapi bagian projek berfokus pada keterpaduan pembelajaran dan perkembangan karakter dan kompetensi sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Tidak Menjadi Beban Administrasi Dengan memanfaatkan teknologi maka penulisan rapor akan lebih sederhana. Teknologi raport generator yang mana pendidik dapat memsukan judul projek, deskripsi singkat, dan seluruh elemen Profil Pelajar Pancasila, serta hanya memberikan penilaian pilihan elemen profil yang berkaitan dengan projek tanpa harus menuliskannya. Kompetensi Utuh Penilaian dalam rapor projek memadukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai satu kompinen. Deskripsi juga disampaikan secara utuh tanpa membedakan aspek tersebut. Dalam alur asesmen Projek Pelajar Pancasila terdapat prasyarat dimana pendidik perlu mempelajari dan memahami kesinambungan alur perkembangan dimensi untuk setiap sub-elemen Profil Pelajar Pancasila. Berikut alur asesmen Projek Pelajar Pancasila : Menentukan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan alur perkembangan dimensi. Merancang indicator dengan memastikan kedalaman tujuan, membuat indicator yang mencakup aspek kognitif, sikap, dan keterampilan. Menyusun strategi asesmen. Mengolah hasil asesmen dan bukti pencapaian peserta didik untuk membuat kesimpulan mengenai pencapaian peserta didik terhadap tujuan pembelajaran. Menyusu rapor.